Rahasia Teori dan Metode Pengobatan Tradisional China

Pengobatan tradisional China sudah sangat terkenal sejak puluhan abad yang lalu atau tepatnya sekitar 2200 sebelum masehi.

Rahasia Teori dan Metode Pengobatan Tradisional China
sumber : https://www.eupoliticalreport.eu/

Pengobatan tradisional China sudah sangat terkenal sejak puluhan abad yang lalu atau tepatnya sekitar 2200 sebelum masehi. Para tabib asal China seringkali diundang ke belahan bumi lain untuk mengobati raja-raja atau keluarganya yang sakit keras. Selain kepiawaian tabibnya, ramuan obat China pun terkenal karena keampuhan dan kemujarabannya. Apa sebenarnya rahasia pengobatan tradisional China? Para raja-raja ketika itu berharap sistem pengobatan maju dan berkembang sehingga para tabib istana bekerja keras untuk menciptakan resep-resep baru untuk pengobatan.

Kitab Pengobatan Tradisional China Kuno Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao.

Rahasia Pengobatan Tradisional China atau Tiongkok Kuno

Hal ini secara tidak langsung menjadi warisan berharga bagi generasi selanjutnya berupa ramuan-ramuan obat mujarab dan memang secara empiris sudah teruji keampuhannya. Masyarakat China memiliki kepercayaan bahwa hidup yang sehat dan panjang umur adalah dari kehidupan yang seimbang. Kunci dari kesehatan yang baik , menurut filosofis masyarakat China kuno yakni dengan cara menjaga keseimbangan atau dikenal dengan istilah Yin Yan Wu Xing (keseimbangan fungsi organ-organ tubuh). Setiap manusi akan terhindar dari berbagai macam penyakit kronis apabila bisa menjaga keseimbangan fungsi organ tubuh dan jaringan tubuh. Yin Yang Wu Xing adalah bagian dari ilmu filsafat yang berhubungan dengan sifat dan batas-batas ilmu pengetahuan yang digunakan untukmengamati kesehatan, penyakit, sifat awet muda dan penuaan.

Dengan menyelaraskan keseimbangan antara "Yin Yang" dan "Wu Xing" akan menyehatkan tubuh secara menyeluruh.Wu Xing berhubungan dengan lima elemen alam, yaitu: logam kayu, api, air, dan tanah. Loga melambangkan dari paru-paru, kayu lambing dari hati, air mewakili dari ginjal, api mewakili jantung, dan tanah mewakili dari limpa kecil. Dengan menyelaraskan kelima elemen ini maka elemen alam tersebut akan menyehatkan tubuh secara menyeluruh. Obat Herbal Daun Teratai atau Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao merupakan obat yang diproduksi berdasarkan pemahaman filosofis Yin Yang Wu Xing  dalam istilah kedokteran modern disebut dengan sistem adaptogen.

Adaptogen merupakan singkatan dari adapatasi terhadap sel genetik tubuh sehingga menjadi simplisia yang berfungsi menormalisasi fungsi organ tubuh, enzim serta sel dalam tubuh tanpa efek samping walaupun dimakan dalam jumlah yang banyak. Obat Kanker Herbal Daun Teratai mengandung mineral germanium dan polisakarida. Kandungan mineral Germanium dan Polisakarida dalam obat ini berkhasiat untuk menormalisasi fungsi organ organ tubuh serta keseimbangan seluruh enzim dalam tubuh dan memperbaiki kerusakan atau penyimpangan sel-sel tubuh. Keseimbangan ini akan meningkatkan sistem imun dalam tubuh, menyembuhkan penyakit atau menangkal penyakit.

Kombinasi antara bahan alam, ilmu pengetahuan, dan teknologi menjadikan obat herbal ini diakui masyarakat secara luas sejak 1986. Puluhan ribu penderita penyakit kronis seperti kanker, tumor, miom, kista, hepatitis, diabetes, dan endometriosis telah merasakan manfaat dari obat ini. Bukan hanya secara empiris, obat herbal daun teratai pun secara resmi telah diuji secara ilmiah di Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta dan Departemen Litbang RS Kanker Dharmais yang meliputi uji ketoksikan dan uji khasiat.