Begini Tips Aman dan Nyaman Saat Berpuasa Bagi Pasien Diabetes

Ramadhan telah di ambang pintu, semua umat muslim gembira menyambut bulan penuh berkah ini. Pun demikian dengan pasien diabetes.

Begini Tips Aman dan Nyaman Saat Berpuasa Bagi Pasien Diabetes
Ilustrasi Tips Aman Berpuasa Bagi Pasien Diabetes, Sumber Gambar: Dok. Tirto

Ramadhan telah di ambang pintu, semua umat muslim gembira menyambut bulan penuh berkah ini. Pun demikian dengan pasien diabetes. Walau keadaan kesehatannya tidak stabil, tidak ada halangan untuk menjalankan ibadah puasa. Kunci dari keberhasilan menjalankan puasa selama 30 hari penuh ini dapat terlewati jika pasien diabetes dapat menjaga glukosa darahnya tetap stabil.

Tips Aman Berpuasa

Pasien diabetes dapat berpuasa selama kadar gula dalam tubuhnya dalam kondisi yang normal. Asupan makanan pada saat sahur dan buka harus menjadi perhatian ekstra karena ini adalah sumber dari metabolisme yang harus dijaga. Jika tidak dijaga, maka pasien diabetes akan mengalami dua kondisi yang mungkin saja terjadi, yaitu gula darah tinggi (hiperglikemia) dan gula darah rendah (hipoglikemia).

Kedua kondisi gula darah itu akan dapat dideteksi dengan nyeri bagian kepala, merasa pening, lemah, letih, lesu, dan sering dahaga. Untuk kondisi yang akut bisa menunjukkan gejala kejang dan pingsan. Ini terjadi karena gula darah yang tidak seimbang mempengaruhi semua sistem kerja anggota tubuh.

Agar terhindar dari kenaikan atau penurunan gula darah yang drastis, orang yang memiliki penyakit diabetes dapat mengikuti cara berikut ini.

  • Lakukan sahur dengan tetap menjaga jenis makanan yang aman. Asupan makanan yang cukup dapat menjadi sumber tenaga dan menjaga gula darah mengendalikan glukosa selama berpuasa di siang hari.
  • Tetap makan dengan teratur. Tertib saat lakukan sahur dan berbuka. Makanlah sesuai dengan anjuran agama dan ikuti petunjuk kesehatan dari dokter. Pilihlah waktu mendekati imsak saat makan sahur. Tetap memilih makanan yang aman untuk penyakit diabetes.
  • Jaga asupan makanan. Pasien diabetes harus dapat mengatur jenis makanan yang aman untuk mengendalikan kadar gula darahnya. Makanlah dengan porsi yang sesuai.
  • Pilih makanan yang berserat. Sayur, buah, nasi merah, dan gandum dapat menjadi alternatif makanan yang bisa menjaga ketahanan tubuh selama berpuasa. Selain tidak mudah lapar, makanan berserat juga dapat menjaga glukosa tetap terkendali.
  • Banyak mengonsumsi air saat buka dan sahur, lalu hindarilah makanan yang manis-manis.
  • Kontrol glukosa dengan cara sering memeriksanya. Gula darah mungkin saja naik dan turun dengan drastic saat menjalankan puasa. Memeriksa dengan rutin akan membantu tingkatkan waspada dan cara mengatasinya jika terjadi lonjakan yang terlalu tajam.
  • Agar peredaran darah dan kerja organ tubuh tetap terjaga, lakukan gerakan ringan agar otot tubuh tetap bergerak. Olahraga dapat dilakukan pada pagi hari atau menjelang buka puasa.
  • Tidak meninggalkan obat dari dokter. Saat berpuasa, orang dengan diabetes dapat memindahkan waktu minum obat, yaitu ketika buka dan sahur sesuai dengan petunjuk dokter.

Kendalikan Gula Darah Saat Ramadhan Dengan Obat Herbal

Memilih produk yang aman adalah salah satu pertimbangan yang harus dilakukan ketika pasien diabetes akan gunakan obat alternatif untuk mengendalikan gula darah. Salah satu produk unggulan dari PT. Daun Teratai bagi pasien diabetes yaitu dengan menciptakan NUTRIGOLD D. Produk khusus ini diperuntukkan untuk orang yang memiliki penyakit diabetes.

Di dalam kapsul NUTRIGOLD D terdapat serbuk yang mengandung beberapa zat penting seperti Alpha Lipoic, Magnesium, zat besi, germanium, dan polisakarida. Zat-zat tersebut dapat bekerja efektif untuk mengendalikan glukosa dan memberi suplai insulin bagi tubuh pasien diabetes.

Dengan mengonsumsi NUTRIGOLD D dengan teratur ketika sahur dan buka, pasien dengan penyakit diabetes bisa tetap melakukan ibadah saum dengan aman dan nyaman. Melalui asupan makan dan minum yang dijaga, maka NUTRIGOLD D mampu menyeimbangkan glukosa dalam tubuh.

Kini NUTRIGOLD D memiliki sebuah program special bagi pasien diabetes yang memiliki keterbatasan finansial. Pengobatan yang rutin tentu membutuhkan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu, program ini dibuat sebagai bentuk kepedulian dengan memberi layanan konsultasi dan pengobatan secara gratis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Bersama NUTRIGOLD D, mari kita jalankan ibadah puasa dengan sehat untuk mencapai keberkahan.