Benarkah Kayu Bajakah Bisa Mengobati Kanker?

Pertengahan Agustus 2019 lalu, media massa mendadak sempat ramai membicarakan tentang khasiat kayu bajakah (spatholobus littoralis hask) untuk mengobati berbagai penyakit

Benarkah Kayu Bajakah Bisa Mengobati Kanker?
sumber : https://www.sehatq.com

Pertengahan Agustus 2019 lalu, media massa mendadak sempat ramai membicarakan tentang khasiat kayu bajakah (spatholobus littoralis hask) untuk mengobati berbagai penyakit. Nama kayu bajakah yang berasal dari tumbuhan liar di hutan Kalimantan ini, menjadi sorotan perhatian public setelah tiga siswa SMA 2 Negeri Palangkaraya menemukan obat penyembuh kanker dengan tanaman tersebut.

Dari sisi biologis, bajakah tumbuh dengan cara merambat meskipun memiliki batang pohon yang besar. Akar-akarnya menghunjam ke tanah lahan gambut, walaupun besar ternyata pohon ini hanya bisa hidup di daerah rerimbunan seperti hutan Kalimantan bahkan, karena tumbuhnya di daerah hutan pedalaman, tumbuhan ini sampai dianggap benda berbau mistis.

Dari sisi kandungan, menurut Kepala Laboratorium Bio Kimia dan Molekuler dari Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (FK ULM) Eko Suhartono, menyimpulkan kelebihan bajakah terdapat dari kandungannya yang banyak mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi melawan sel kanker. Namun demikian, walaupun dianggap berkhasiat dapat melawan sel kanker.

Sampai saat ini khasiat kayu bajakah secara resmi belum sampai pada pemeriksaan lebih lanjut di BPOM RI atau lolos uji klinis (seperti uji ketoksikan akut, efek penghambatan, dsb.) di beberapa institusi independen.

Sumber: Boombastis

Perlu dipahami, suatu produk dapat dikatakan menjadi obat atau jamu terstandar jika telah melewati beberapa tahapan pengujian, mulai dari identifikasi kandungan zat aktif, mekanisme carakerjanya, kemudian dilakukan uji praklinik sampai uji klinik.

Tentunya proses ini bukan proses instan bahkan bisa memakan waktu bertahun-tahun. Jadi, klaim kayu bajakah berkhasiat dapat menyembuhkan penyakit kanker belum bisa disimpulkan secara pasti dan memerlukan penelitian lebih lanjut.

Oleh karena itu, alangkah pentingnya bagi pengguna obat-obatan herbal untuk menggali informasi lebih dalam sehingga produk yang akan kita gunakan memang benar berkhasiat dan aman.