Empat Cara Mencegah Timbulnya Kista Ovarium

Kista ovarium adalah benjolan yang tumbuh di dalam indung telur.

Empat Cara Mencegah Timbulnya Kista Ovarium
sumber : https://www.childrenscolorado.org/

Kista ovarium adalah benjolan yang tumbuh di dalam indung telur. Kista sendiri terjadi akibat adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang ditandai dengan perubahan pada siklus haid, serta adanya kasus pendarahan di luar siklus.

Sebenarnya kista merupakan benjolan di bawah kulit yang berisi cairan, udara, dan zat padat seperti rambut, sedangkan kista ovarium adalah benjolan yang muncul akibat dari sel telur yang tidak berevolusi yang disebabkan adanya gangguan hormon. Biasanya setelah hormon kembali normal maka kista pun akan menghilang. Kista ovarium terdiri dari dua jenis, yaitu kista fungsional dan kista patologis.

Pada kista fungsional, benjolan bisa mengecil sendiri dan akhirnya hilang, sedangkan kista patologis adalah benjolan yang mengandung sel-sel abnormal. Kista jenis kedua ini harus diwaspadai apabila perkembangan selnya tidak terkendali. Adapun gejala kista ovarium adalah sering buang air kecil, cepat kenyang, sakit pada saat Buang Air Besar (BAB), mual, nyeri saat bersenggama, nyeri haid yang hebat, dan nyeri di bagian panggul di luar haid, serta ada benjolan di bawah perut.

Beberapa hal yang menyebabkan tercetusnya kista seperti faktor keturunan, hormon tidak seimbang, jarang olahraga, merokok, konsumsi alkohol, dan konsumsi makanan siap saji, juga konsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet.

Cara Mencegah Timbulnya Kista Ovarium

Kista ovarium dapat dicegah dengan melakukan beberapa hal: 1) Menjalani pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan sehat dan bergizi; 2) Kelola stres dengan baik, melakukan olahraga secara teratur, cukup istirahat, dan banyak minum air putih; 3) Melakukan pemeriksaan panggul secara rutin untuk memantau ovarium, serta; 4) Memeriksa ke dokter jika mengalami haid di luar kebiasaan. Kista memang jenis penyakit yang tingkat kekambuhannya cukup tinggi.

Tindakan akhir pengobatan kista biasanya berupa operasi. Namun, hal tersebut biasanya selalu dihindari oleh penderita. Umumnya mereka takut dioperasi dan lebih memilih pengobatan non medis, seperti halnya yang dialami Nyonya Lim Bie Lian. Wanita berusia 49 tahun ini pernah menjalani operasi untuk mengambil kista di ovarium sebelah kiri.

Setelah tiga bulan, ternyata kista tumbuh lagi di ovarium kanan. Wanita tersebut keberatan untuk menjalani operasi lagi. Akhirnya ia mengonsumsi kapsul Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao selama tiga bulan hingga dinyatakan sembuh secara total. Kista tidak pernah tumbuh lagi di tubuhnya.

Kapsul herbal Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao (CSTRLY) mengandung ekstrak tumbuhan yang telah digunakan dalam pengobatan China selama ribuan tahun. Produk PT Daun Teratai ini telah dipercaya sejak 1986 oleh masyarakat. Selain telah lulus uji ilmiah Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada (UGM), juga telah mengantongi izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau disingkat Badan (BPOM) Republik Indonesia.

Kapsul CSTRLY ini terbukti ampuh menyembuhkan kista ovarium. Produksi PT Daun Teratai ini memang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Juga mengandung mineral magnesium yang memiliki fungsi memperbaiki kerusakan dan penyimpangan pada sel. Kista ovarium memang dapat berbahaya jika penanganannya tidak tepat. Namun, bukan berarti tidak ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini. Penyakit ini bisa dicegah dengan cara menjaga gaya hidup sehat.