Tips Menghindari Penyebaran Penyakit Hepatitis

Masyarakat sudah tak asing lagi dengan hepatitis. Penyakit kuning atau hati menjadi istilah yang lebih dikenal di beberapa kalangan. Bukan tanpa alasan, virus yang menggerogoti hati ini memang mengakibatkan mata menjadi kusam kekuningan dan warna kulit menjadi lebih pucat.

Tips Menghindari Penyebaran Penyakit Hepatitis
Ilustrasi Cara Terhindar dari Hepatitis, Sumber Gambar: Dok. Alodokter

Masyarakat sudah tak asing lagi dengan hepatitis. Penyakit kuning atau hati menjadi istilah yang lebih dikenal di beberapa kalangan. Bukan tanpa alasan, virus yang menggerogoti hati ini memang mengakibatkan mata menjadi kusam kekuningan dan warna kulit menjadi lebih pucat. Walau mengetahui resiko yang cukup besar dari penyakit hepatitis, sebagian masyarakat masih abai dengan cara pencegahan dan penularannya.

Membiasakan pola hidup bersih menjadi poin utama yang harus diperhatikan. Tak hanya kebersihan diri sendiri tetapi juga lingkungan. Ketika semua orang telah peduli dengan kebersihan dan kesehatan masing-masing, maka mata rantai penyebaran virus dapat dilakukan.

Cara Menghindari Penyakit Hepatitis

Pasien dan keluarga terdekatnya wajib mengupayakan penyebaran virus lebih luas. Caranya yaitu dengan:

  • Melakukan vaksinasi agar dapat mencegah masuknya virus ke dalam tubuh. Vaksin ini akan menjadi lebih baik jika dilakukan sejak kecil agar daya tahan tubuhnya yang rentan dapat terjaga dengan baik.
  • Membiasakan diri untuk menggunakan peralatan pribadi seperti sikat gigi, alat pencukur, peralatan makan dan barang lainnya. Penyebaran virus dapat terjadi ketika barang pribadi tersebut telah terkontaminasi oleh penderita hepatitis.
  • Menghindari aktivitas yang menggunakan benda tajam seperti jarum suntik, alat infus, jarum tato, tindik yang tidak steril.
  • Mencuci tangan sebelum atau sesudah melakukan berbagai aktivitas. Tangan merupakan perantara yang berpeluang besar terhadap penyebaran virus hepatitis.
  • Membiasakan mengonsumsi makanan yang sehat dan bersih. Tak hanya memperhatikan komposisi nilai gizi, tetapi juga cara pengolahannya. Hindari makanan cepat saji atau makanan yang belum sempurna tingkat kematangannya.
  • Bersikap setia pada pasangan. Penularan virus hepatitis dapat terjadi jika sering berganti pasangan, apalagi tidak menggunakan alat pelindung. Virus akan mudah menjangkit tubuh pasangan melalui cairan sperma.
  • Selalu waspada dengan orang yang ada di sekitar. Mengetahui riwayat kesehatan dari orang yang selalu berinteraksi setiap hari harus dilakukan agar dapat melakukan upaya preventif.

Penyakit Hepatitis dan Covid-19

Saat pandemi Covid -19 melanda seluruh bagian dunia, banyak orang menjadi panik. Akibat penyebaran virus ini membuat masyarakat lupa terhadap ancaman penyakit lain yang masih juga menghantui. Covid-19 hidup berdampingan dengan virus lainnya berusaha menyerang tubuh manusia, termasuk virus hepatitis.

Oleh karena itu menjaga protokol kesehatan yang saat ini sangat dianjurkan, tak hanya membuat masyarakat terhindar dari Covid-19, tetapi juga untuk menjaga serangan virus lainnya. Mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak menjadi kunci keberhasilan untuk mengurangi potensi penularan.

Gunakan Herbal untuk Menjaga Kesehatan

Saat ini masyarakat tak hanya dihadapkan terhadap tugas melakukan protokol kesehatan. Namun hal yang paling penting untuk dilakukan adalah menjaga kesehatan tubuh dari dalam. Upaya menjaga stamina harus dilakukan dengan menjaga asupan yang diperlukan oleh tubuh. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi adalah hal utama, tetapi menggunakan suplemen kesehatan yang aman pun harus dilakukan.

Suplemen yang terbuat dari herbal akan membantu tubuh tetap terjaga. Sebagai salah satu obat herbal yang telah dipercaya sejak tahun 1986, Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao telah terbukti memiliki khasiat yang luar biasa dalam menjaga stamina tubuh. Kapsul ini dapat mempertahankan kondisi tubuh dari serangan berbagai virus, termasuk hepatitis dan Covid-19. Bahkan belum lama ini kapsul Daun Teratai telah mengantongi label HALAL dari MUI, dan sudah teruji klinis di Lab. Rs. Kanker Dharmais.

Komposisi kapsul Daun Teratai yang terdiri dari Germanium dan Polisakarida dapat menjaga pertumbuhan dan fungsi sel dalam tubuh. Ketika ada serangan yang merugikan fungsi organ dalam tubuh, kedua zat ini akan membantu pemulihannya. Mengonsumsi produk ini dengan teratur dan tetap menjaga gaya hidup sehat lainnya akan membantu bertahan di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung hingga kini.